.

Februari 2011

MENYIKAPI UJIAN  DENGAN SENANG DAN TENANG

Oleh : Ignatius Budiono

Biasanya pada setiap ruangan kelas yang sedang melangsungkan ujian atau ulangan umum, akan terpampang tulisan, “Harap Tenang Sedang Ada Ujian. Sebelum ujian tersebut dijalankan, para siswa  dengan penuh semangat kebersamaan,  melaksanakan  acara persembahyangan bersama, di tempat ibadah masing-masing. Dengan doa bersama tersebut yang penuh khidmad, dengan harapan dapat diberikan ketenangan dan ketabahan dalam menghadapi ujian nasional, sehingga dapat berhasil mencapai target nilai kelulusan, yaitu rata-rata = 5,50

Dalam era globalisasi yang semakin kompetitif dan penuh tantangan ini, kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh sumber daya alam, teknologi, dan sumber daya manusia andal yang juga memiliki keunggulan daya saing tinggi sehingga menjadi aset, bahkan human capital investment bangsanya untuk bersaing dengan negara lain.

Sadar akan hal itu bahwa UN udah dekat, diperlukan kesiapan dari semua pemangku kepentingan dunia pendidikan agar UN bisa terlaksana dengan sukses dan lancar tanpa adanya kecurangan sehingga siswa dapat lulus dengan bangga.

Baban S. dalam bukunya Ampuh, Cerdas tanpa Batas menyebutkan, ada beberapa kiat yang disebut “SAMBUT” untuk menjadikan ujian menyenangkan sehingga prestasi dapat diraih, yaitu:

1.         SEMANGAT : Siswa harus selalu semangat dan optimitis bahwa belajar memilki banyak manfaat terutama dengan sungguh-sungguh karena hati akan tenang dan dapat konentrasi ketika menjawab soal.

2.         ATUR WAKTU : Siswa harus menggunakan waktu seefektif mungkin agar dapat belajar dengan baik.

3.         MEMBUAT RINGKASAN : Ringkasan akan memudahkan siswa mengulang kembali pelajaran, ringkasan dapat dibuat dalam bentuk peta konsep, mind map, dan lain-lain.

4.         BELAJAR KELOMPOK : Ketika siswa belajar sendiri dan mengalami kesulitan, maka belajar kelompok adalah solusinya.

5.         UTAMAKAN KESEIMBANGAN ANTARA PROSES DAN HASIL : Ingin mendapatkan nilai bagus tentunya harus belajar ekstrakeras, bukan sebaliknya.

Selain dengan kiat “SAMBUT”, lalu : Siswa untuk bersikap rileks, percaya diri, dan tidak gugup saat menghadapi soal. Biasakan  datang ke sekolah lebih awal agar tidak kesiangan dan berdoa terlebih dulu agar diberikan yang terbaik.

———semangat….semangat ….. semangat———

Posted on 19 February 2011, in Kegiatan Sekolah. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: