” Pengalaman Ku “


   Pada tanggal 19-21 Juli 2013 Lia dan Ratna dari kelas XII Akuntansi dan XII Pemasaran mengikuti Jambore Nasional Ke-2 VOKKINDO bertema : ” Membangun Keterampilan Kewirausahaan Menuju Kemandirian Lulusan Pendidikan Kejuruan dan Vokasi “. Tempat penginapan kami di Kinasih Resort Depok. Peserta yang hadir ialah 113 peserta yang terdiri dari 58 peserta SMK dan 55 dari Vokasi atau biasa disebut akademi. Lembaga ini didirikan oleh PAPKI ( Perhimpunan Akademi dan Politeknik Katolik Indonesia ) bersama MNPK ( Majelis Nasional Pendidikan Katolik ). Banyak pengalaman yang kami dapatkan selama kami disana. Diantaranya dapat bersosialisasi dengan sekolah-sekolah kejuruan dan akademik yang lain, seminar-seminar yang sangat bermanfaat, lebih mengenal keadaan di lingkungan sekolah dan akademik lain, dan masih banyak lagi. Empat (4) narasumber yang ada pada waktu itu ialah : Tiwan Liutama ( Seorang Wirausahawan yang sangat berhasil ), Fx. Sri Martono ( PT. ASTRA INATERNASIONAL ), Andrey Andoko ( Universitas Multimedia Nusantara ), Hermawi Fransiskus Taslim ( Alumni BPMKRI ). Dari beberapa seminar yang beliau berikan, yang membuat kami sangat tertarik adalah ketika Tiwan Liutama mengatakan bahwa seorang entrepreneur sejati adalah : ” Saya bertanggung jawab atas diri saya sendiri “, atas pikiran saya, atas emosi saya, dan atas perilaku saya. ” Saya bertanggung jawab atas orang lain “, untuk mencintai, untuk memberikan support, dan untuk memberikan inspirasi.

   Baginya, seorang yang ingin berwirausaha tidaklah perlu modal yang besar. Modal menjadi hal yang dinomor kesekian, yang terpenting ialah KPK ( Keterampilan, Pengetahuan, dan Karakter ), inovation, profesional, berani mengambil risiko dan tanggung jawab. Dan kami sangat beruntung bisa mengikuti JamNas ke-2 ini. Beruntunglah kalian yang bersekolah di Smk Mardi Yuana Cianjur. Mengapa saya mengatakan demikian ?

Karena, ketika sosialisasi itu saya lakukan untuk mengenal sekolah kejuruan yang lain, masih ada beberapa seekolah kejuruan yang sama sekali belum memiliki jiwa wirausaha dan unit produksi. Pembinaan mereka tertinggal jauh dengan kita. Mereka pun mengakui, bahwa sekolah mereka masih belum memenuhi standar sebagai sekolah kejuruan. Jadi, beruntunglah kalian semua bisa menuntut ilmu di Smk Mardi Yuana Cianjur ini. Kembangkanlah terus jiwa wirausaha kalian, karna menjadi wirausahawan yang berhasil dan sukses tidaklah harus cerdas dalam pendidikan formal, tetapi hanya didasari dengan rasa niat, kerja keras, keep try, ide, keterampilan, dan profesional mampu membuat seseorang menjadi wirausahawan sejati dan berhasil.

 

” WORK HARD, DREAM BIGGER, AND LOVE WHAT YOU DO “
Creativity is thinking up new things and innovation is doing new things !! ^^

 

Salam Entrepreneur_

Posted on 29 July 2013, in Campur-campur. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: